Mei 25, 2024

Emas Menyinar, Inflasi Tersamar: Sebuah Bukti Kenapa Emas Selalu Menang dari Inflasi

News image

Kenaikan harga emas sering menjadi topik hangat di kalangan masyarakat, terutama di masa inflasi. Emas dianggap sebagai aset lindung nilai (safe haven asset) yang dapat melindungi kekayaan dari erosi nilai yang disebabkan oleh inflasi. Inflasi sendiri adalah kondisi di mana terjadi kenaikan harga barang dan jasa secara umum dan terus-menerus dalam suatu periode waktu. Inflasi mengurangi daya beli uang, sehingga aset-aset yang bernilai tetap, seperti emas, menjadi lebih menarik.

Pada beberapa tahun terakhir, harga emas mengalami kenaikan yang signifikan. Pandemi COVID-19, kebijakan stimulus ekonomi, dan suku bunga rendah telah menciptakan lingkungan yang mendukung kenaikan harga emas. Inflasi yang mulai meningkat pasca-pandemi juga menjadi faktor pendorong utama.

Berdasarkan data kenaikan harga emas yang dirilis oleh PT. Antam, emas mengalami kenaikan sebesar 60% dalam kurun waktu 5 tahun pada tahun 2018-2022. Harga logam mulia Antam pada tanggal 4 Mei 2018 tercatat pada angka Rp670.000/gram dan pada tanggal 4 Mei 2022 harga logam mulia Antam berada pada angka Rp1.077.000/gram. Data inflasi sendiri dari tahun ke tahun berada pada kisaran 5%.

Berikut beberapa alasan mengapa harga emas cenderung naik di tengah situasi ekonomi global yang bergejolak:

  • Nilai intrinsik yang stabil: Emas memiliki nilai intrinsik yang relatif stabil dan tidak tergantung pada kebijakan moneter atau fiskal suatu negara.
  • Perlindungan terhadap depresiasi mata uang: Saat inflasi tinggi, mata uang kehilangan nilai, membuat emas menjadi alternatif investasi yang lebih aman.
  • Permintaan yang meningkat: Di masa inflasi, permintaan terhadap emas biasanya meningkat karena investor mencari cara untuk melindungi kekayaan mereka.

Dengan kenaikan harga emas diatas, permintaan pasar untuk logam mulia sendiri terus meningkat. Oleh karena itu emas akan terus menjadi pilihan utama bagi masyarakat yang ingin melindungi kekayaan dari erosi nilai yang disebabkan oleh inflasi.

Cek Berita dan Artikel terupdate terkait emas mini dan koperasi lainnya di Berita

Logo

Ghani menjadi perusahaan yang akan memfasilitasi banyak kolaborasi untuk para koperasi agar bisa meningkatkan efektifitas perusahaan serta meningkatkan SHU (Sisa Hasil Usaha) dengan menjunjung tinggi nilai amanah, kolaboratif, inovatif, syariah serta kekeluargaan.

Icon
Icon
Icon
Icon
© 2024 Ghani
Privacy
Terms